Rabu, 09 Juni 2010

Moms: watch out for that tree...!!!


baca disalah satu bLog,bagus lho....hmmm...moms,thanks for your love,your smile,n for everithings,..

Moms: watch out for that tree...!!! Buat yang dah pernah nonton tarzan versi "gila' pastinya tau tu potongan lagu terakhir yang kujadikan judul tulisanku kali ini..




belakangan ini banyak sekali yg ingin kutulis.. tapi apalah daya, waktunya blom cukup untuk itu.. oke selesai basa basi..



Hmmm.. tulisan kali ini diilhami oleh beberapa keluhan orang2 yg kukenal.. ^_^



*tarik nafas panjang sebelum dimulai*



kurang lebih 2 bulan belakangan ini saya dicurhati oleh beberapa orang perihal yang yaa.. kurang lebih mirip2 dehhh..



"Say, gw lg sedih.. tadi abis marahin anak gw.. lantaran gw kesel dia ga mau gw gendong n ajak maen.. dia cuma mau digendong si mba.. kesel gw.. gw kan dah kerja di kantor cape2.. usaha dagang kecil2 yg untungnya jg ga gede2 amat.. eh, pas gw ada waktu, gw ditolak ama anak gw ndiri... pait bener.."



"Na, gw abis ngomelin anak n pembokat gw.. gw kesel.. kerjaan pada ga bener.. anak gw nangis terus.. pdhal gw lagi cape banget nie.. gw blom tidur dari semalem.. gw ngerjain pesenan, trus tadi pagi sebelum ngantor gw anter pesenan dulu.. mana di complain lagi.. mana di kantor boss gw ngomel2 lagi.. bete kan..??!!! eh sampe rumah anak gw minta digendong muluw.. nangis2.. mana si mba salah motong sayuran buat risol lagi... pdhal gw pengen kayak elu, kerja, dagang, ngurus anak, segala2 bisa dikerjain.. apa sih rahasianya..?? bagi2 ilmu donk.."



"Mba... aku sedih nie.. tadi nelpon ke rumah.. pengen ngobrol ama anakku.. eh anakku ga mau.. malah nangis.. jerit2 ga mau ngomong sama aku.. pdhal gw kangen banget.. tapi gw masih harus kuliah nie.. mana mau ujian bentar lagi.. tugas banyak bener.. gw blom bisa pulang dah 2 minggu ini.. kangen anak gw... tapi gmana donk.. gw jg terpaksa nitipin anak gw ke nyokap.. abis gw tiap hari pulang malem.. blom sabtu jg masih kul.. plg ada waktu sabtu sore n minggu.. kadang itu juga kepake buat ngerjain tugas kul.. ahhh.. bingung nie mba.."



"Coy, gw lg bingung ama bini gw.. tiap hari ngomel.. kalo ga anak, ya gw.. kalo ga ke pembokat.. dikit2 marah.. dikit2 ngoceh.. ga ngerti gw.. sejak dia kerja lagi, bini gw jadi lebih sering ngomel... semua rasanya salah.. dah gw coba tegor baek2.. yang ada gw diomelin panjang bener.. mending diem dah.. tau deh nie ampe kapan kayak gini.."



well, 4 cerita diatas hanyalah sepenggal kecil dari sekian banyak cerita lainnya yang isinya kurang lebih sama... sama2 tentang seorang istri, ibu dan perempuan yang sedang membangun hidup bersama keluarga yang dicintainya.. (benarkah??? :D)



Sejujurnya, saya merasa blom pantas untuk menuliskan hal yang akan saya jabarkan.. tapi saya akan mengambil hikmah dari tulisan ini.. saya berharap ini juga menjadi teguran buat saya pribadi di setiap keputusan yang akan saya ambil didepan..



Moms,

coba anda renungkan sebentar.. dua minggu terakhir ini, sudah berapa kali anda marah pada anak, suami, sanak keluarga atau pembantu anda di rumah..???? Lalu tanyakan kembali, apa alasan yang membuat anda marah...???? kemudian tanyakan lagi, pantaskah anda marah untuk alasan tersebut...?????



Saya agak terharu karena ternyata apa yg saya lakukan ternyata memberikan motivasi bagi banyak teman saya utk berkarya dan mengembangkan diri.. tapi, yang tidak saya inginkan adalah usahanya itu justru mengganggu aktifitas utamanya sebagai seorang istri dan juga ibu..



Moms,

kita harus melakukan sesuatu sesuai dengan kemampuan kita.. dan ketika memutuskan untuk melakukan sesuatu hendaknya sudah dipikirkan sematang mungkin.. baik buruk serta untung ruginya.. tak hanya berdagang.. tapi pada semua kegiatan yang akan kita kerjakan harus dipikirkan sedemikian rupa...sayang rasanya kalau apa yang telah kita bina dalam keluarga menjadi sia2 karena ulah kita yang kurang berkenan di hati anggota keluarga meskipun niatan kita itu baik...



ketika seorang ibu memutuskan untuk bekerja di luar rumah, meraih kesempatan untuk melanjutkan pendidikannya, serta menambahkan aktifitas2 lain dalam kehidupannya, maka ada banyak sekali hal yang akan "tersangkut" disana.. anak, suami, waktu dan uang.. urutan tersebut bukannya asal saya urutkan tapi memang demikian adanya.. apa alasan saya mengurutkannya sedemikian rupa..???



1. Anak

Anak adalah titipan Allah.. dan saya rasa anda semua juga paham bahkan lebih tahu daripada saya.. namun, apakah anda juga tahu dan ingat kalau anak itu juga manusia..??? sama seperti kita, ibunya..??? si anak ini punya hati, perasaan, akal, dan semua yang diberikan Allah Ta'alaa kepadanya... apalagi anak2 balita.. betapa putihnya mereka.. betapa bersih hati dan pikirannya.. betapa terbukanya hati mereka dalam menerima kelebihan dan kekurangan orang tua, pengasuh dan teman2 mereka.. betapa mereka sangat menginginkan ibunya membelainya dengan mesra.. menemaninya bermain.. menyuapinya makan.. memandikannya... mengajaknya jalan2... mereka tidak peduli ibu mereka bisa masak atau tidak.. cantik atau tidak.. mereka ga mikirin ibu mereka punya uang atau tidak.. mereka juga ga mikirin koq ibu mereka jenius atau tidak.. punya titel atau tidak.. kerja kantoran atau tidak.. yang mereka tau adalah ibu mereka mau mengasuh, menemani, dan ada disisi mereka ketika mereka jatuh.. ketika mereka kaget terbangun dari tidurnya karena mimpi buruk.. bermain dan tidur di sisi mereka ketika malam menjelang...



so, ketika seorang ibu memutuskan untuk bekerja di luar rumah, melanjutkan pendidikan atau bahkan berdagang sambil bekerja atau sekola sambil bekerja.. maka anak menjadi prioritas utama dan jadi bahan pertimbangan yang tidak bisa dinomor duakan.. jika anda yakin, maka anda harus menanggung konsekuensinya.. bagi waktu sebaik2nya untuk mereka..



2. Suami

ingat, suami anda bukan patung.. suami anda bukan hewan buas yang butuh anda hanya ketika birahi mereka datang (kecuali emang demikian.. sorry..)...

Suami (seperti juga halnya istri), dinikahi untuk dijadikan teman hidup.. teman berbagi suka dan duka.. teman berbagi cerita, keluh kesah, bahagia dan sebagainya.. makanya, selalu sediakan waktu meski cuma 10 menit untuk kebersamaan itu.. komunikasi adalah tiang terpenting dalam rumah tangga.. tanpa komunikasi yang baik, sebuah biduk dapat menabrak karang dan karam.. mungkin, suami anda tidak keberatan terhadap keputusan yang anda ambil.. bahkan mendukung... tapi, ingatlah untuk mengontrol diri.. jangan sampai kesempatan yang diberikan.. kepercayaan yang diberikan.. menjadi sia2 akibat ulah kita sendiri..



3. Waktu dan uang

ada peribahasa yang mengatakan bahwa "waktu adalah uang".. mungkin tidak selamanya berarti secara harfiah demikian..ada makna tersirat disana.. waktu yang anda miiliki sangat berharga.. coba saja (bagi muslim) hitung ada berapa banyak ayat yang terkandung dalam al-Qur'an yang membahas tentang waktu..???? begitu pentingnya waktu dalam kehidupan manusia.. membuat kita harus berpikir.. untuk apa waktu yang diberikan kepada kita ini..?? apa yang akan saya lakukan selama beberapa menit, jam atau hari ke depan..???? berapa banyak waktu yang akan saya habiskan bersama anak2 yang saya cintai..??? berapa banyak waktu yang akan saya habiskan untuk mendidik, mengasuh dan bermain bersama mereka..??? berapa banyak waktu yang akan saya habiskan bersama kekasih hati saya malam ini..??? berapa banyak waktu yang akan saya habiskan untuk menemani suami saya makan, bercengkerama dengannya.. memotong dan membersihkan kukunya.. memijit bahunya yg lelah setelah dia bekerja seharian untuk anak dan istri yg dicintainya..???



Moms,

demi keempat hal diatas.. saya tunggang langgang.. mengorbankan hati dan pikiran.. menepiskan ego yang sering berusaha menguasai hati dan juga pikiran..



entah sudah berapa banyak tawaran beasiswa yang saya tolak.. berapa banyak permintaan jasa catering yang saya tolak.. semua demi keempat hal diatas..



ya memang saya punya usaha.. ya memang saya punya banyak sekali kegiatan.. namun, saya berusaha untuk tahu diri dan membuat batasan.. berapa banyak yang bisa saya lakukan dalam 1 minggu.. berapa jasa yang bisa saya kerjakan dalam waktu sebulan.. dan yg paling utama.. berapa banyak waktu yang harus saya sisihkan untuk bersama ketiga anak saya setiap harinya...



apapun yang telah saya capai saat ini bukan kerja setahun dua... usaha yang saya rintis ini bukannya tidak diawali dengan usaha2 lainnya.. bahkan sebelum menikah, saya sudah beberapa kali pinya usaha kecil2an.. rugi belasan juta pun pernah saya alami.. dan memang sudah sekitar 12 tahun saya malang melintang di dunia usaha... namun semua itulah yang menjadi bekal hidup saya saat ini..





Nah, dari 4 cuplikan cerita diatas, saya rasa setiap orang bisa mengambil kesimpulan dengan mudah.. STRESS.. itulah yang sedang dihadapi.. meskipun kadang kita sendiri tidak menyadari atau bahkan menyangkalnya, tapi itulah stress, datang tak dijemput, pulang tak diantar.. mirip jelangkung.. hehhehehe.. *canda dikit biar ga bosen*



Moms, Watch out for that tree...!!!!



Stress itulah pohon yang saya maksud... kuasai diri anda.. lelehkan ego anda.. biarkan perasaan dan akal anda yg bekerja..



knapa anak ga mau main sama saya..?? ya iyalah.. kapan kamu punya waktu selama ini untuk main sama anak kamu.. berapa jam sehari..???



knapa anak saya ga mau ngobrol sama saya di telpon..???? ya iya lahh.. kemana aja kamu..??? berapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk berbincang dengan anakmu setiap hari..???



knapa pembantu saya koq payah banget..??? kerja salah terus... well, kalo itu pembantu sama cerdasnya dengan kamu, apa iya dia mau jadi pembantu kamu,..??? tidak semua orang punya nasib yang baik.. tidak semua orang punya kemampuan yang berlebih... sekarang kita sebagai orang (yg katanya) lebih berpendidikan yang seharusnya mau berpikir lebih jauh... jangan lupa untuk belajar menerima kekurangan orang lain.. nobody is perfect, dear...



knapa sih suami saya koq diam aja..??? ya iya lahhh.. kamunya sibuk sendiri.. gmana suami mau cerita2.. ga gampang lho buat kaum adam untuk bisa bercerita panjang lebar.. even to their beloved wife.. well, ada sih beberapa.. dan biasanya profesinya kalo ga dokter ya pengacara.. hehhehehe...



Moms,

apa yang akan anda hadapi memang tidak akan mudah.. ada konsekuensinya.. itulah hidup.. jadi, jika anda sudah membuat suatu keputusan maka andalah yang harus mengalah untuk urusan lainnya.. tidak semua hal bisa kita peroleh begitu saja.. tidak semua akan berjalan as perfect as you imagine.. it's all depends on you...



Moms,

once again i said to you... WATCh OUT FOR ThAT TREe...!!!!



Posted by Ena Lubis (www.speciola.blogspot.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar